Regional

10 Tahun Pembangunan Ekonomi, Pemkot Tangerang: Pendapatan Asli Daerah Meningkat Setiap Tahun!

Satu dekade berjalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus mengalami peningkatan perekonomian secara signifikan. Hal ini terlihat, Pemkot Tangerang di bawah kepemimpinan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun ke tahun.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti menuturkan, lonjakan PAD yang sangat besar tersebut dinilai sebagai indikasi utama pertumbuhan perekonomian yang meningkat secara cepat. Tercatat, Pemkot Tangerang mampu memaksimalkan PAD pada tahun 2023 hingga sekitar 2 triliun rupiah. Hal ini mengalami peningkatan yang luar biasa dibanding pada tahun 2007 silam yang hanya sekitar 133 miliar rupiah.

“Hal ini mengindikasikan terjadinya proses pemulihan ekonomi yang kuat dan pertumbuhan yang terbilang cepat. Bahkan, Pemkot Tangerang sendiri mampu meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang pada tahun ini mencapai 5 triliun rupiah, berbeda jauh dibandingkan pada tahun 2007 silam yang hanya mencapai sekitar 900 miliar rupiah,” ujar Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti, Minggu, (24/12/23).

Tidak hanya itu, kemajuan perekonomian juga dapat dilihat dari laju pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya. Tercatat, Pemkot Tangerang mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,98 persen pada tahun lalu, sekaligus mampu mengatasi dampak resesi serta memasuki tren pertumbuhan ekonomi yang positif. Bahkan, pada tahun ini, LPE ditargetkan berada pada kisaran 4,86 persen hingga 5,30 persen.

“Secara langsung, hal ini beriringan dengan peningkatan daya beli masyarakat Kota Tangerang. Tercatat dalam data Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), indeks daya beli masyarakat yang diukur dengan Pengeluaran Per Kapita (PKP) yang disesuaikan mengalami peningkatan,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga tercatat berhasil mewujudkan kesuksesannya di berbagai indikator-indikator lain. Hal ini menegaskan keberhasilan Pemkot Tangerang dibawah kepemimpinan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, dan Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, dalam mendorong kemajuan di Kota Tangerang. (Red/Aldo)(msar)

Tulisan Terkait