RagamRegional

BMKG Laporkan 52% Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Hujan pada Akhir Desember 2023

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (bmkg) melaporkan sebanyak 52% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan pada akhir Desember 2023. BMKG mengingatkan ada satu wilayah yang memiliki potensi bencana banjir dengan kategori tinggi.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 52% wilayah Indonesia masuk musim hujan. Pada akhir Desember 2023 ini terdapat satu wilayah yang memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi,” ujar BMKG dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/12/2023).

BMKG mengatakan wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung bagian barat, sebagian Banten, sebagian besar Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Utara, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Barat, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Maluku Utara, Papua Barat dan sebagian Papua.

Sementara itu, BMKG menganalisis curah hujan pada Dasarian II Desember 2023 umumnya berada di kriteria rendah dan menengah (0-150 mm/dasarian). Kriteria curah hujan tinggi terjadi di sebagian Aceh, sebagian kecil Sumatera Utara, Sumatera Barat, sebagian kecil Riau, sebagian kecil bagian selatan Jambi, sebagian kecil Kalimantan Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, sebagian kecil bagian tenggara Sulawesi Tengah, dan sebagian kecil bagian tengah Papua.

Kemudian, pada Dasarian III Desember 2023 umumnya diprediksi curah hujan berada di kriteria rendah-menengah (0-150 mm/dasarian). Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di Bali dan NTB, sebagian besar Jawa, sebagian Sulawesi dan NTT, sebagian kecil Sumatera, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Malut dan Maluku, Papua Barat bagian utara.

“Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah (50-150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, Kalimantan, Malut, Maluku, Papua Barat dan Papua, sebagian Sulawesi, sebagian kecil Jawa,” tulis BMKG.

Selanjutnya, wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm/dasarian) meliputi sebagian Aceh bagian tengah, sebagian pesisir Sumatera Utara bagian barat, sebagian Sumatera Barat dan Riau bagian barat, sebagian Kalimantan Barat bagian utara dan timur, sebagian kecil Sulawesi Selatan bagian selatan, sebagian kecil Papua bagian tengah.

Wilayah Indonesia yang diprediksi memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi meliputi Provinsi Aceh (Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan).(msar)

Tulisan Terkait