Regional

Bupati Eka Dukung Pengembangan Pertanian Hidroponik di Tanah Datar

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, memberikan dukungan penuh kerjasama antara SMKN 2 Batusangkar Bersama pihak swasta untuk kembangkan pertanian hidroponik di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Hal ini kata dia sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ketahanan pangan di Tanah Datar serta Sumatera Barat

“Saya sangat mengapresiasi capaian kegiatan SMKN 2 Batusangkar yang bekerjasama dengan Farmhill Academy,”ujarnya, Sabtu (23/12/2023).

Dia berharap, kedepannya program ini dapat terus berkelanjutan dan menjadi pilot project greenhouse dan motor penggerak di Tanah Datar.

“Dengan begitu, dapat memberikan motivasi semangat bagi SMK dan SMA lainnya dalam berkarya dan berinovasi,” tutup Eka.

Kepala Sekolah SMKN 2 Batusangkar, Budi Dharmawan, mengatakan, ini merupakan terobosan baru yang pertama di Sumatera Barat yang mana menggunakan media dutch bucket greenhouse dalam pertanian.

Hal ini memfokuskan sistem pertanian kepada sirkulasi dan efisiensi penggunaan air serta nutrisi untuk tanaman.

“Melon yang dihasilkan dari sistem pertanian ini berkualitas premium dengan harga yang bersaing di pasaran mencapai 70 ribu/kg,”ucapnya.

Bahkan saat ini untuk pemasaran telah dilakukan pengiriman setiap minggu sebanyak 1 – 1,5 ton ke Pekanbaru dan menggunakan rotasi panen.

“Panen perdana kali ini tidak lepas dari dukungan Farmhill Academy, baik dari segi pemberdayaan SDM, desain konstruksi bangunan greenhouse, hingga pemasaran melon,” tutup Budi.

Direktur Farmhill Academy, M. Jatiardi Fitriantoro mengungkapkan keinginannya untuk pengembangkan pertanian di Indonesia dengan menggandeng petani milenial

“Realisasi kegiatan ini diwujudkan dengan penggunaan teknologi yang tepat guna dan pemberian pelatihan SDM untuk memiliki mindset yang baik, keterampilan, dan kemampuan dalam mengolahnya,” jelas Ardi.

Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili staf ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Bupati Tanah Datar, Dirut Politeknik Payakumbuh, Kadis Pendidikan, Kadis Dikbud, Kadis Pariwisata, Dinas Pertanian, dan Ketua PGRI Tanah Datar.(msar)

 

Tulisan Terkait