Ragam

Catat! 5 Tips Kue Jahe Tetap Renyah Tahan Lama saat Perayaan Natal

PERAYAAN Natal sudah di depan mata, siap disambut esok hari. Persiapan detail seperti ornamen, busana hingga sajian khas Natal pun sudah dipersiapkan.

Salah satunya yang tak boleh ketinggalan ialah kue jahe atau ginger cookies. Sajian biskuit renyah dengan sentuhan manis dan hangatnya jahe ini begitu cocok disantap saat momen Natal.

Namun, kue jahe juga identik dengan teksturnya yang renyah. Oleh karena itu pastikan kue jahe yang Anda buat tetap crispy saat disantap di hari Natal. Tak perlu khawatir, ada beberapa tips jitu untuk membuat kue jahe tetap lezat dan renyah saat disantap. Seperti apa tipsnya? Yuk simak lima tipsnya berikut ini, seperti dilansir Times of India, Minggu (24/12/2023)

1. Turunkan suhuL Setelah kue tersebut matang, pastikan untuk tidak langsung menaruhnya ke dalam wadah kedap udara. Pastikan terlebih dahulu suhu kue jahe tersebut diturunkan ke suhu ruangan sebelum disimpan. Hal ini bertujuan agar kue tetap kuat sehingga renyah saat disantap.

2. Gunakan wadah kaca: Wadah kedap udara memiliki banyak jenis, mulai dari yang plastik hingga kaca. Untuk membuat kue jahe Anda renyah sempurna, disarankan untuk menggunakan wadah berbahan kaca.

Wadah kaca adalah cara terbaik untuk menyimpan kue agar tetap renyah. Selain itu, pastikan wadah ini dilengkapi tutup ataupun pengait yang rapat agar tetap kedap udara.

3. Pakai penyaring kopi: Anda bisa menggunakan penyaring kopi atau coffee filter untuk menjaga kerenyahan kue jahe. Caranya hanyalah memasukkan sedikit soda kue ke dalam penyaring kopi dan menutupnya. Kemudian, letakkan penyaring kopi yang tertutup di dalam kotak kue di posisi mana pun. Dengan begitu, kue jahe renyahnya akan lebih tahan lama.

4. Jangan dicampur dengan kue lain: Jangan campurkan atau menyimpan kue jahe ini di wadah yang sama dengan kue lain. Secara umum, ada dua jenis kue yakni kue kering dan lembut. Kue jahe sendiri masuk dalam kategori kue kering. Jangan pernah menyimpan kue yang lembut dengan kue yang renyah, karena keduanya akan rusak dalam waktu singkat.

5. Manfaatkan oven: Penggunaan oven ini bisa membuat kue kembali krispi saat dimakan, caranya hanya dengan memanaskan oven terlebih dahulu pada suhu 300 derajat dan meletakkan kue selama 5-10 menit. Kue jahe dan renyah Anda siap untuk dinikmati.(msar)

Tulisan Terkait