Ragam

Dijamin Tahan Banting, Ini Tips Memilih Koper untuk Traveling

TIPS memilih koper sangat penting dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Sebab, fungsi koper sangat vital, yakni untuk membawa barang-barang Anda selama bepergian.

Koper juga merupakan bentuk investasi jangka panjang oleh Anda yang gemar travelling. Selain harga, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih koper yang bagus, mulai dari jenis koper hingga fitur keamanan yang ditawarkan. Berikut rinciannya

Tips Memilih Koper

 

  1. Material Koper

Tips memilih koper yang pertama adalah Anda harus memastikan jenis koper yang tepat. Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis koper yang tersedia, yakni koper softcase dan hardcase. Meski sama-sama koper, nyatanya dua hal ini memiliki beberapa perbedaan mendasar yang perlu Anda tahu.

Koper jenis hardcase, misalnya. Koper ini mampu memberikan perlindungan yang optimal terhadap barang bawaan Anda selama traveling dan mudah dibersihkan. Namun, koper hardcase ini lebih mudah pecah, retak, dan tergores.

Sedangkan koper jenis softcase, memiliki bobot yang lebih ringan dari koper hardcase. Namun kekurangannya, Anda akan sedikit mengalami kerepotan untuk membersihkan koper jenis ini karena bahannya yang tak bisa terkena air. Jika menginginkan koper softcase, Anda bisa memilih bahan ballistic nylon.

  1. Ukuran Koper

Jangan asal memilih koper dengan ukuran besar karena Anda bisa kesulitan ketika membawanya. Menggunakan transportasi umum dengan membawa koper berukuran besar pasti akan merepotkan, apalagi jika Anda hanya pergi dalam waktu singkat.

Di sisi lain, koper ukuran kecil juga tidak bisa menampung banyak barang bawaan yang Anda punya. Itu sebabnya pilihlah ukuran koper yang sesuai dengan kebutuhan traveling. Ketahui dahulu berapa lama dan ke mana tujuan Anda pergi sehingga tidak ada hambatan ketika traveling.

  1. Jumlah Roda

Selain muat banyak barang, alasan lain mengapa Anda membutuhkan koper saat traveling karena memiliki roda. Roda memudahkan Anda membawa tas dan bermanuver. Pilihannya tersedia koper dengan dua roda dan empat roda.

Koper roda dua mudah diangkat saat melewati tangga atau curb. Kekurangannya, Anda perlu memiringkan tas terlebih dahulu untuk menariknya. Dengan kata lain butuh tenaga ekstra. Sedangkan tas koper roda empat lebih mudah digerakkan terutama saat melewati area sempit karena tidak perlu memiringkannya.

  1. Sistem Keamanan

Sistem penguncian klasik pada koper yaitu gembok. Untuk perjalanan internasional sangat disarankan menggunakan gembok berjenis TSA. Gembok TSA bahkan menjadi syarat tambahan bagi orang yang mengunjungi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Tujuannya agar pihak keamanan bandara dapat memeriksa isi koper tanpa merusak gemboknya.

  1. Pilih Warna yang Cerah

Selain memilih jenis dan ukuran koper yang tepat, Anda juga bisa memilih warna cerah untuk koper. Bukan tanpa alasan. Koper dengan warna gelap umumnya lebih sering digunakan oleh banyak orang sehingga akan sedikit menyulitkan Anda saat harus mengambil koper di bagasi.

Itu sebabnya, Anda bisa memilih warna-warna cerah, bahkan dilengkapi dengan motif unik, agar tidak tertukar dengan orang lain dan Anda bisa dengan mudah menemukan koper saat antre di conveyor belt.(msar)

Tulisan Terkait