Nasional

Gibran Disebut Gunakan Tiga Mic saat Debat Cawapres, Ini Kata Roy Suryo

Tiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) telah beradu gagasan, di acara debat perdana Cawapres yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat 22 Desember 2023, pada pukul 19.00 WIB.

Namun demikian, debat tadi malam mendapat kritikan oleh Pengamat Telematika, Roy Suryo. Ia menyebut Cawapres Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga mic sekaligus, yakni Clip-on, Hand-held dan Head-set. Namun, kata dia, permasalahan bukannya di mic akan tetapi dugaan penggunaan Hidden Earpiece.

“Intinya bukan mic, tetapi Hidden Earpiece yang bisa digunakan untuk mem-feeding info-info dari Tim Pembisiknya,” kata Roy dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, saat ini Earpiece juga sudah tidak model konvensional yang masuk telinga, tetapi ada yang cukup ditempel dibelakang daun telinga.

“Bentuknya tipis seperti semalam,” sambungnya.

Adapun alasan Roy Suryo mengusulkan hal tersebut karena untuk mencegah terjadinya kecurangan saat debat selanjutnya. Dan paslon lain harus menolak.

“Maka seharusnya paslon lain menolak, jika digunakan lagi mic bentuk headset itu, karena toh saat Ketua KPU pakai satu mic handheld saja sudah sangat bagus dan terlihat rapi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, tema yang diangkat pada debat Cawapres malam tadi menyangkut bidang ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.(msar)

Tulisan Terkait