Nasional

Gibran Tanyakan SGIE ke Cak Imin, Ganjar: Agar Lawan Kesulitan

Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo turut mengomentari pertanyaan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, dalam debat cawapres.

Dalam debat yang digelar pada Jumat 22 Desember 2023 itu, Gibran menyerang lawan dengan istilah perekonomian hingga singkatan-singkatan. Ganjar pun menilai bahwa apa yang dilakukan Gibran adalah untuk membuat lawannya kesulitan.

“Ya nggak papa, orang namanya juga ingin mencari sesuatu yang barang kali orang lain akan kesulitan menjawab,” kata Ganjar di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).

Ganjar tak masalah istilah State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang ditanyakan Gibran ke Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ataupun carbon capture storage yang ditanyakan kepada Mahfud Md dimunculkan Gibran dalam debat.

Namun menurut Ganjar lebih baik Gibran jika yang dipertanyakan merupakan hal yang lebih substantif.

Bahkan, di sisi lain, Ganjar juga menyoroti cara pengejaan Gibran terhadap SGIE. Jika singkatan tersebut dieja dengan menggunakan bahasa inggris, Ganjar menilai, Cak Imin mungkin akan paham.

“Sebenarnya nggak papa, tapi lebih bagus lagi hal yang substantif disampaikan. Kalau itu SGIE kalau mungkin membacanya pakai bahasa Inggris karena itu singkatan bahasa Inggris, Es Ji Ai I (ejaan Inggris) upama gitu kan, orang akan mikir apa ya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan strategi debat Gibran yang demikian juga pernah dilakukan di debat Capres-Cawapres periode sebelumnya.

“Tapi dalam teknik debat, debat presiden sebelumnya juga pernah terjadi seperti itu hehehe,” imbuhnya.(msar)

Tulisan Terkait