Nasional

Jokowi Akan Temui Mahfud MD Sore Ini Terima Surat Pengunduran Diri dari Menko Polhukam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menemui Mahfud MD sore hari ini. Pertemuan tersebut untuk membahas pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

 

“Nanti sore mungkin ketemu (dengan Mahfud MD)” kata Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan di Pasar Wonogiri, Kamis (1/2/2024).

 

Namun, Jokowi tidak merinci pertemuan dengan Mahfud MD akan digelar di mana. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden Jokowi bakal bertemu dengan Mahfud MD di kawasan Jakarta.

 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menanggapi pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menko Polhukam yang diumumkan secara langsung pada hari ini Rabu 31 Januari 2024.

 

Jokowi mengatakan dirinya sangat menghargai keputusan yang diambil Mahfud MD tersebut untuk mundur dari jabatan sebagai Menko Polhukam. “Itu hak, dan saya sangat menghargai,” kata Jokowi.

 

Meski begitu, Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan atau surat pengunduran diri Mahfud MD sebagai Menko Polhukam. “Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” kata Jokowi.

 

Diketahui, Menko Polhukam Mahfud MD resmi menyatakan mundur dari Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi. Hal itu disampaikan Mahfud di tengah safari politiknya sebagai cawapres nomor urut 3 ke wilayah Lampung.

 

“Saudara-saudara sekalian saat ini saya berada di Pura Ulondano, Lampung. Pura yang berada di tengah danau Tirtagangga, Lampung Tengah. Hari ini saya ingin menjawab semua pertanyaan yang siang malam muncul sejak tanggal 23 Januari saya menginformasikan dari Lampung juga bahwa membenarkan Pak Ganjar Pranowo bahwa Paslon itu supaya mundur termasuk Pak Mahfud,” kata Mahfud secara virtual.

 

“Saya juga telah mengemas seluruh barang pribadi, dan telah siap keluar dari rumah dinas dan melepaskan seluruh fasilitas negara,” tambahnya.

 

Mahfud juga mengaku tidak akan tinggal glanggang colong playu dan akan pamit secara baik-baik ke Presiden Jokowi terkait rencana mundur dari jabatannya. Diketahui saat ini Mahfud menjadi cawapres nomor urut 3 berpasangan dengan Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024.

 

“Kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati maka saya tidak akan tinggal gelanggang colong playu, saya akan pamit baik baik dan saya akan sampaikan surat ini begitu saya diterima,” kata Mahfud.

 

(msar)

Tulisan Terkait