Hiburan

Libur Nataru, Aparat Gabungan Gelar Ramp Check hingga Tes Urin Sopir di Puncak Bogor

Aparat gabungan menggelar ramp check kendaraan yang akan menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Pengecekan ini dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan masyarakat khususnya selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Ini dalam rangka persiapan Natal dan Tahun Baru, yang menjadi kewajiban kita untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan, khususnya yang menuju kawasan Puncak,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Agus Ridho di KM 45 Tol Jagorawi, Jumat (22/12/2023).

Adapun yang menjadi target pengecekan yakni bus dan truk. Seluruh komponen kendaraan termasuk kelengkapan surat diperiksa oleh petugas.

“Yang kita lakukan pengecekan adalah pertama angkutan barang, karena memang itu tonasenya cukup besar. Kemudian kedua bus yang membawa penumpang. Ini betul-betul kita lakukan pengecekan terhadap kondisi sopirnya, dites urine. Kemudian kelayakannya juga kita cek semua,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sopir pun tak luput pemeriksaan salah satunya dengan tes urin. Sehingga, dipastikan sopir tidak menyalahgunakan narkotika.

“Pengecekan ini masih berlangsung. Sementara tes urine belum ada yang positif. Tentunya kita lakukan sanksi sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Nanti dari kepolisian akan melakukan tindakan, dan mudah-mudahan semua yang kita periksa tidak banyak yang melanggar,” harapnyan

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatajan bahwa sejauh ini belum ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan di Jalur Puncak. Apabila nantinya terjadi kepadatan, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Antisipasi terjadi kepadatan seperti sistem one way, akan dilaksanakan mulai besok tanggal 23 sampai tanggal 26, karena itu adalah libur nasional sehingga penerapan one way bisa dilaksanakan. Namun penerapannya juga dilihat situasional,” ujar Ardian.(msar)

Tulisan Terkait