Opini

Pastikan Kelancaran Arus Mudik Nataru, Dirut Jasa Raharja, Menhub, Menko PMK, dan Kakorlantas Polri Gelar Tinjauan ke Sejumlah Daerah

Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan, Kemenko PMK, Korlantas Polri, dan instansi terkait terus berupaya memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Salah satunya dengan melakukan pengecekan ke sejumlah titik krusial di sepanjang jalur mudik.

Seperti yang dilakukan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko PMK Muhadjir Efendi, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, yang melakukan pengecekan arus lalu lintas mudik ke jalur mudik di Provinsi Banten, Lampung, dan Jawa Barat pada Sabtu (23/12/2023).

Tinjauan tersebut antara lain dilakukan ke sejumlah tempat, antara lain Pelabuhan Penyeberangan Merak Banten, Pelabuhan Penyeberangan Eksekutif Sosoro Merak, Dermaga Indah Kiat, hingga Posko Nataru Rest Area KM 57, Jawa Barat, sekaligus mendengarkan paparan terkait kesiapan PAM Nataru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyampaikan pemerintah telah mempersiapkan kelancaran arus mobilitas orang dan barang selama perjalanan berangkat dan pulang pada liburan Nataru.

Sejumlah persiapan yang telah dilakukan, antara lain seperti melakukan pengecekan kesiapan armada transportasi, darat, laut, udara, dan kereta api serta angkutan penyeberangan.

“Kami terus berkoordinasi secara intensif terkait kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan, dengan berbagai kementerian dan lembaga maupun stakeholder terkait,” ujar Menhub.

Dalam kesempatan yang sama Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, menyampaikan bahwa di sejumlah lokasi sudah mengalami kepadatan lalu lintas.

“Sejauh ini situasi lalu lintas masih bisa kami kendalikan,” ujarnya.

Aan mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dalam momen ini agar tetap mematuhi aturan lalu lintas. “Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas kami di lapangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, menyampaikan pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenhub, Korlantas Polri, dan instansi terkait lainnya guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini kami lakukan salah satunya untuk dapat memastikan kelancaran arus mudik masyarakat, dan tentunya dalam upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas,” ujar Rivan di sela kegiatan tersebut.

Dari pantauan tersebut, Rivan menyampaikan bahwa mobilitas para pemudik berjalan dengan aman dan kondusif. “Alhamdulilah semua kegiatan berjalan lancar. Semoga masyarakat dapat terus mematuhi aturan berlalu lintas untuk tetap aman dan berkeselamatan,” imbuhnya.(msar)

Tulisan Terkait