Nasional

Pemprov Banten Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 Kategori Utama

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 untuk Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Pemprov Banten dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan serta memenuhi kebutuhan perempuan.

Anugerah diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Gedung Metro TV, Jalan Pilar Mas Raya Kav. A-D Kedoya Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023).

“Alhamdulillah Provinsi Banten mendapatkan penganugerahan Parahita Ekapraya untuk Kategori Utama, tentu hal itu atas bimbingan Pak Pj Gubernur Banten dan hasil kerja keras kita semua,” ungkap Sitti Ma’ani Nina.

Selanjutnya, ia juga mengatakan dengan diraihnya penganugerahaan tersebut sebagai kado untuk masyarakat Provinsi Banten dan kado istimewa menjelang Hari Ibu pada 22 Desember 2023 yang akan datang.

“Sebentar lagi kita akan memperingati Hari Ibu, jadi ini sebagai kado untuk perempuan di Provinsi Banten,” katanya.

Lebih lanjut, Nina menyampaikan Pemprov Banten terus berupaya meningkatkan pembangunan yang responsif gender secara sistematis dan berkelanjutan. Mulai dari kebijakan, perencanaan, penganggaran hingga pengawasan.

“Kita berharap kedepan Pemprov Banten dapat meraih kategori Mentor, adapun hal yang harus mendapatkan perhatian, diantaranya meningkatkan layanan pengarusutamaan gender,” jelasnya.

“Hal itu juga mendapatkan dukungan dari Bapak Pj Gubernur Banten, dan Alhamdulillah keberhasilan ini diantaranya dari kebijakan beliau terhadap pelaksanaan pengarusutamaan gender,” lanjutnya.

Sementara, Ketua Pokja Pengarusutamaan Gender Provinsi Banten Mahdani menyampaikan, dalam peningkatan pengarusutamaan gender dibutuhkannya kolaborasi dan skema pentahelix dari semua pihak.

Bahkan, ia menyebutkan terdapat beberapa dorongan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pengarusutamaan gender di Provinsi Banten.

“Salah satunya mendorong keterlibatan perempuan pada usaha ekonomi, jadi ini perlu kita dukung secara pentahelix,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Bappeda Provinsi Banten itu juga menuturkan dalam peningkatan pengarusutamaan gender di Provinsi Banten. Pemprov Banten terus berupaya semaksimal mungkin.

“Seperti dari segi anggaran setiap tahunnya mengalami kenaikan, dan kami berharap kedepannya Provinsi Banten mampu meraih penganugerahan Parahita Ekapraya untuk kategori Mentor,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam Penganugerahan Parahita Ekapraya terdapat empat tingkatan/kategori dari yang paling dasar, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Utama, dan Kategori Mentor yang merupakan kategori tertinggi. (Red/Aldo)(msar)

Tulisan Terkait