Regional

Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Sampai 31 Maret 2024, Ini Alasannya

JALUR pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barat ditutup mulai 31 Desember 2023 hingga 31 Maret 20204. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kondisi cuaca ekstrem yang mempengaruhi ekosistem dan demi kepentingan pemulihan alam di kawasan tersebut.

Keputusan sebagaimana disebutkan dalam Surat Edaran Nomor SE. 23/BBTNGGP/Tek/B/12/2023 tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ditandatangani oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo.

Surat edaran ini juga menghimbau kepada calon pendaki untuk menunda rencana perjalanan pendakian ke Gunung Gede Pangrango selama periode penutupan tersebut.

“Pendakian akan ditutup selama tiga bulan ke depan, dimulai pada tanggal 31 Desember. Untuk mencegah pendakian ilegal, kami telah menyiagakan puluhan petugas di berbagai titik sebagai upaya pencegahan,” kata Sapto Aji Prabowo seperti dikutip dariĀ ANTARA, Jumat (22/12/2023).

Selama masa penutupan ini, tidak ada kegiatan pendakian yang diperbolehkan melalui jalur resmi dan ilegal di area Cianjur seperti Gunung Putri, pintu masuk Cibodas, dan juga pintu masuk dari Salabintana-Sukabumi. Hal ini dilakukan dengan penempatan petugas keamanan di berbagai lokasi.

Selain itu, koordinasi telah dilakukan dengan masyarakat di sekitar kaki gunung untuk membantu dalam pengawasan. Mereka diminta untuk segera melaporkan ke petugas jika menemukan pendaki ilegal yang berusaha memasuki taman nasional. Langkah ini diambil karena akan dikenakan sanksi tegas hingga pidana bagi mereka yang melanggar.

“Penting bagi kami untuk menghindari kegiatan pendakian ilegal selama masa penutupan. Semua jalur, baik resmi maupun tidak resmi, akan diawasi secara ketat oleh petugas yang didukung oleh warga sekitar. Tujuannya adalah untuk mencegah pendaki ilegal masuk ke dalam kawasan taman nasional selama periode penutupan,” tambahnya.

Untuk para pendaftar pendakian daring pada tanggal 29 dan 30 Desember 2023, diinformasikan bahwa pembayaran harus dilakukan paling lambat pada tanggal 28 Desember 2023, sebelum pukul 22.00 WIB. Hal ini dikarenakan oleh kegiatan penutupan buku kas penerimaan pada Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk Tahun Anggaran 2023.(msar)

Tulisan Terkait