Nasional

Survei Digital iNews: 80 Persen Responden Tetap Pada Pilihannya Usai Nonton Debat Cawapres

Debat perdana Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 telah berlangsung pada Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

Debat berlangsung cukup panas dimana setiap calon saling adu argumentasi dan gagasannya. Di tengah debat berlangsung, iNews melakukan Survei Digital kepada para penonton yang menyaksikan program “Debar” Dengar Bareng Debat Pilpres 2024 di kanal YouTube Official iNews sejak jumat pukul 17:00 hingga pukul 22:30 WIB.

Hasilnya, pada pertanyaan terakhir yang dilempar kepada penonton, mayoritas menjawab tetap pada pilihannya usai menyaksikan debat cawapres. Pertanyaan yang ditampilkan yakni “Setelah menonton debat cawapres, apa keputusan Anda?”

Sebanyak 80 persen responden yang mengikuti survei digital iNews menjawab tetap pada pilihannya usai menyaksikan debat cawapres jumat malam.

Sementara sisanya, sebanyak 11 persen yang kemudian menjadi punya pilihan setelah nonton debat perdana cawapres.

Sedang, 7 persen masih belum memutuskan pilihan, dan hanya 2 persen sisanya yang berubah pilihan usai menyaksikan debat antara Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Survei Digital iNews tersebut diikuti total 1.318 responden. Metode survei digital iNews menggunakan teknik non probability sampling. Survei ini dilakukan hanya kepada orang-orang yang menonton Live Youtube Debar Debat Cawapres di Official iNews dan melakukan scan QR Code pada layar untuk mengisi survei.

Pertanyaan diajukan secara interaktif dan berkesinambungan sepanjang acara debat cawapres berlangsung pada 22 Desember 2023 pukul 17.00-22.30 WIB.

Kesimpulan hanya berlaku pada orang yang disurvei saja, tidak berlaku umum.

Jumlah responden sebanyak 1.318, menggunakan tool Mentimeter.

“Debat ini sesuatu yang penting meski tidak berdampak signifikan terkait dengan elektoral, tapi ini adalah hak publik untuk mendengarkan apa yang direncanakan dan diimplementasikan oleh masing-masing paslon,” kata Analis Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah.

“Hasil ini sesuai kalau di rata-rata dengan hasil survei di luar sekitar 20 persen yang belum menentukan pilihan. Hasil ini juga menunjukkan kemungkinan besar Pilpres 2024 mendatang akan berlangsung dua putaran,” timpal Iwel Sastra Praktisi Komunikasi.

Survei digital iNews juga melempar 3 pertanyaan lainnya sepanjang program berlangsung. Sebanyak 36 persen responden menunggu blunder yang dilakukan para calon saat debat berlangsung.

Sementara hanya 24 persen responden yang menantikan jawab dari para calon terkait solusi-solusi yang ditawarkan. Sedangkan, sebanyak 28 persen menunggu perdebatan sengit antar calon dan 12 persen melihat sosok dari para cawapres.

Berikut hasil Survei Digital iNews di Program Debar:

Apa yang paling Anda Tunggu pada Debat Cawapres ini?

Menunggu Blunder : 36%

Perdebatannya: 28%

Solusi yang ditawarkan: 24%

Melihat sosok cawapres: 12%

Bagaimana pendapat Anda tentang penampilan jagoan Anda?

Sangat memuaskan: 63%

Memuaskan: 29%

Tidak memuaskan: 8%

Jika diperkenankan membantu berdebat, siapa cawapres yang ingin Anda bantu?

Muhaimin: 16%

Gibran: 75%

Mahfud MD: 8%

Setelah menonton debat cawapres, apa keputusan Anda?

Tetap dengan pilihan saya: 80%

Jadi punya pilihan: 11%

Masih belum memutuskan pilihan: 7%

Berubah pilihan: 2%(msar)

Tulisan Terkait