Tekno & Sains

Zoom Perkenalkan Aplikasi Baru untuk Apple Vsion Pro, Buat Rapat Virtual Lebih Imersif

Platform konferensi video Zoom telah meluncurkan aplikasi baru untuk perangkat AR/VR Apple Vision Pro. Aplikasi ini telah menambahkan beberapa fitur baru untuk headset realitas terbaru keluaran Apple itu.

 

Zoom mengklaim bahwa aplikasi tersebut akan membuat pertemuan virtual lebih imersif dengan memasukkan elemen dari ruang fisik peserta. Apple Vision Pro mulai dijual di Amerika Serikat (AS) mulai 2 Februari, dan aplikasi Zoom baru akan tersedia untuk diunduh dari App Store pada hari yang sama.

 

Dalam postingan yang dibagikan pada Senin, (29/1/2024) Zoom memberikan rincian tentang aplikasi untuk headset AR/VR dan fitur-fitur baru yang akan tersedia untuk pengguna Vision Pro. Aplikasi ini akan menggunakan fitur Persona Apple yang memungkinkan peserta membuat avatar digital untuk rapat.

 

Avatar ini dibuat secara otomatis oleh Apple Vision Pro dan menggunakan pembelajaran mesin untuk mereplikasi gerakan dan ekspresi secara real-time. Selain itu, aplikasi ini juga akan menyertakan fitur Spatial Zoom Experience, demikian dilansir Gadgets360.

 

Apple Vision Pro dimulai dengan banderol harga USD3.499 (sekira Rp54 juta) untuk varian penyimpanan internal 256GB. Varian penyimpanan 512GB dan 1TB juga tersedia untuk dibeli dengan harga masing-masing USD3,699 (sekira Rp58 juta) dan USD3,899 (sekira Rp61 juta).

 

Pengalaman Zoom Spasial akan memungkinkan pengguna mengubah ruang pertemuan virtual menjadi seukuran aslinya agar terasa seperti mereka duduk di ruang yang sama dengan kolega, teman, dan keluarga. Zoom mengklaim fitur ini akan membuat pertemuan jarak jauh menjadi lebih mendalam dan kolaboratif.

 

Selain itu, platform konferensi video juga mengungkapkan tiga fitur lain yang akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Yang pertama adalah Berbagi Objek 3D, yang memungkinkan pengguna berbagi model desain 3D dan membiarkan orang lain melihatnya dari semua sudut. Menyoroti sebuah contoh, Zoom berkata, “Seorang animator atau desainer game dapat berkolaborasi dan berbagi model karakter terbaru melalui kemampuan berbagi objek 3D Zoom.”

 

Zoom Team Chat juga akan ditambahkan ke aplikasi pada paruh pertama tahun ini. Pengguna Apple Vision Pro akan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan rekan satu tim menggunakan fitur Team Chat. Terakhir, fitur penyematan di dunia nyata juga akan ditambahkan yang memungkinkan pengguna menyematkan hingga lima peserta di mana saja dalam ruang fisik mereka. Opsi untuk menghapus latar belakang peserta juga akan ditambahkan agar mereka tampil lebih imersif.

 

(msar)

Tulisan Terkait